logo blog
Selamat Datang Di Blog Kang Kroto
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kang Kroto,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Tanaman yang Harus Ditanam di Halaman Rumah Kita

Kang Kroto - 10 Tanaman yang Harus Ditanam di Halaman Rumah Kita - Sudahkah kita mengelola halaman rumah kita supaya menguntungkan? Biasanya halaman rumah hanya dibiarkan saja ditumbuhi oleh rerumputan liar yang menyebalkan. Atau biasanya hanya ditanami dengan aneka macam bunga berwarna warni.

Sayang sekali kalau begitu. Menanam tanaman hias di halaman rumah kita hanya menghasilkan pemandangan indah saja, tanpa ada manfaat secara ekonomisnya. Agar halaman rumah kita bisa memiliki manfaat ganda, artinya bisa memberikan pemandangan indah untuk penghilang stress dan memberikan pasokkan kebutuhan dapur kita, maka sebaiknya, kita tanam tanaman berikut ini yang bisa mendatangkan keuntungan ganda di halaman rumah kita:

10 Tanaman yang Harus Ditanam di Halaman Rumah Kita
  1. Cabe. Keluarga kami menanam cabe dari bulan Juni 2013 hingga saat menulis artikel ini masih tumbuh subur dengan buah yang lebat. Berarti sudah 6 bulan lebih, dan belum ada tanda-tanda menurun produksinya. Katanya sih pohon cabe bisa bertahan sampai 1 tahun. Setiap hari kami bisa memetik cabe 1-3 ons, lumayan bukan, apalagi harga cabe sekarang ini sedang naik. Kami memiliki sekitar 100 pohon cabe yang kami tata di halaman depan dan samping rumah.
  2. Tomat. Selain cabe, kami juga menanam tomat, namun tidak sebanyak pohon cabe. Tomat kami tanam sekedar untuk memenuhi kebutuhan dapur sendiri, kalau cabe kelebihannya kami jual.
  3. Terong. Terong bukan hanya sekedar tanaman untuk lalapan dan sayur semata, di balik itu, terong memiliki kandungan zat yang beraneka ragam yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.
  4. Bayam. Sayuran ini terkenal sebagai makanan Popeye, yang dapat memberikan kekutan pada tulang kita. Biasanya para ibu membeli sayur bayam untuk adek bayi kesayangannya agar tulangnya tumbuh kuat dan sehat.
  5. Caisim. Sayuran pelengkap mie ayam ini juga kami tanam di halaman rumah. Kami sangat menyukainya. Di samping rasanya yang gurih dan renyah, caisim juga banyak mengandung zat besi (kalau gak salah). Kami banyak menanm caisim karena pertumbuhannya yang tergolong sangat cepat. 25-30 hari setelah tanam, sayur caisim bisa kita panen.
  6. Kemangi. Tanaman yang memiliki bau khas dan harum ini biasanya digunakan sebagai lalapan untuk menemani lele gorang atau ikan goreng lainnya. Rasanya kurang nikmat jika makan ikan goreng tanpa hadirnya kemangi. Di halaman rumah kami juga tumbuh subur tanaman kemangi. Biasanya tetangga banyak yang minta untuk lalapan. Silahkan metik sendiri kata istri saya, gratis.
  7. Kangkung. Sayuran bahan baku pecel ini sangat mudah tumbuh di tanam di mana saja. Kami menanam kangkung pada media botol dan gelas bekas. Loh kok botol dan gelas? Kami menanamnya secara hidroponik alias bertanam sayuran tanpa tanah.
  8. Pare. Sipahit ini juga tak ketinggalan menghiasi halaman rumah kami. Meski rasanya pahit, namun kami sangat menyukainya sebagai sayuran yang memiliki rasa eksotis.
  9. Seledri. Bumbu masak yang satu ini juga kami tanam untuk pelengkap aneka ragam sayuran dan bumbu masak yang kami tanam di halaman rumah kami.
  10. Bawang daun. Bumbu sop yang satu ini juga mudah ditanam. Sebelumnya kami menanam bawang daun mengambil dari dapur. Setelah mengetahui pertumbuhannya yang juga cepat, maka kami putuskan untuk membeli bibitnya dari toko tanaman. Sekarang ini sedang kami persiapkan media tanamnya secara hidroponik juga.
10 Tanaman yang Harus Ditanam di Halaman Rumah Kita
 
Sebenarnya masih banyak tanaman yang bisa kita tanam pada halaman rumah kita, namun sementara 10 dulu yang kami sampaikan.

Melalui tulisan ini, kami mengajak para pembaca untuk mencoba apa yang kami lakukan, awalnya memang enggan, karena banyak yang harus dipersiapkan, namun jika sudah mulai, justru kita enggan untuk berhenti, karena mengasikkan.
 
10 Tanaman yang Harus Ditanam di Halaman Rumah Kita

Demikian 10 Tanaman yang Harus Ditanam di Halaman Rumah Kita, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Menanam Warung dan Apotik Hidup untuk Memenuhi Kebutuhan Sendiri.

Selamat mencoba, semoga sukses.
Enter your email address to get update from Kang Kroto.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Kang Kroto - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger