Bagaimana Seharusnya Penyajian Materi Pelajaran Kepada Siswa? - Ini adalah salah satu hal yang sangat penting hubungannya dengan ketercapaian kompetensi siswa yang tertuang dalam tujuan pembelajaran di sekolah. Untuk mencapai itu, Guru dituntut untuk dapat menyajikan bahan ajar atau materi yang merangsang keaktifan siswa.
Penyajian bahan ajar atau materi pelajaran diarahkan pada pendekatan untuk “How to know” (Bagaimana untuk mencari tahu) dan “How to do” (Bagaimana untuk berbuat/melakukan), sehingga memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk membangun sendiri suatu konsep yang akan memberikan makna pada pengetahuan yang diperolehnya.
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyajian materi pelajaran:
- Memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator yang harus dikuasai oleh siswa.
- Di balik peristiwa, berisi suatu penerapan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
- Kegiatan eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa.
- Contoh soal beserta pembahasan soal yang bertujuan untuk memotivasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
- Tagihan yang harus dikerjakan oleh siswa yang bertujuan untuk menggali informasi tentang penerapan dan pemahaman konsep serta kinerja ilmiah yang telah dikuasai untuk tiap kompetensi dasar yang ditetapkan.
- Uji kompetensi yang bertujuan menggali informasi tentang penerapan dan pemahaman konsep serta kinerja ilmiah yang dikuasai oleh siswa untuk setiap standar kompetensi yang telah ditetapkan.
- Uji Kompetensi Komprehensif yang bertujuan mengevaluasi penerapan dan pemahaman konsep serta kinerja ilmiah yang dikuasai oleh siswa untuk beberapa standar kompetensi yang ditetapkan.